Kamis, 27 Januari 2011

CARA MERAKIT CPU

Disini saya akan menjelaskan bagaimana tata cara merakit CPU yang benar. Agan(cowo) and agin(cewe) harus simak and baca yang benar, kalau perlu print! hehehehehehe

Langsung aja ya, yang petama adalah baut yang akan dipakai pada CPU, bila drat baut kasar itu untuk harddisk dan cassing, dan sisanya menggunakan baut halus. Bila sudah siap kita lan jut ke langkah berikutnya oke....!
1. Memasang Motherboard
Untuk memasang motherboard gunakanlah baut halus di keempat sisinya. Ingat gan jangan terlalu keras memasangnya karena akan merusak bagian pada motherboard. kalau sudah rusak kita akan dikenakan biaya untuk tanggung jawab oleh orang lain, asal agan and agin tau bahwa harga motherboard itu biasanya amat mahal. yang murah aja Rp. 500.000 apalagi yang mahalnya?

2. Memasang CD-Rom, Harddisk, Dan Power Supply
Merakit bagian ini semua harus menggunakan baut kasar. Agar saat CPU dalam keadaan apapun tidak akan mudah terlepas. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melihat lubang cassing pada CPU apakah sama dengan lubang pada CD-Rom,  Harddisk, dan Power Supply? Kemudian pasang dengan hati-hati, biar gak rusak. hehehe
3. Memasang Memory Pada Motherboard
Dalam memegang memory janganlah anda memegang bagian kuning pada memory tersebut. karena akan menimbulkan kerusakan pada komputer yang anda rakit. Cara memasangnya adalah dengan melihat pelatup yang ada pada kedua sisi wadah memory. saat memasngnya adalah dengan menekan bagian memory dan bila pelatupnya berdiri, itu menandakan bahwa sudah terpasang dengan kuat.
4. Memasang processor
Pekerjaan ini disebut dengan pekerjaan "maut". Karena bila sedikit saja agan or agin salah memasangnya maka akan menimbulkan kerusakan pada komputer bahkan sampai meledak.Cara memasangnya adalah agan or agin harus memperhatikan tonjolan pada processo dan lubang pada motherboard Bila sudah cocok tinggal dimasukan dan pekerjaan "maut" kita sudah aman. hehehehehe
5. Pemasangan VGA Card
Cara memasang VGA Card hampir sama dengan memory namun perbedaannya adalah VGA dipasang dari luar cassing. Caranya masukan, tekan dan kunci. Cukup mudah bukan?
6. Pengkabelan
Pertama dilakukan adalah memasang kabel ATA/SATA dari motherboard ke power supply/cd-rom seperti pada gambar no 7.Yang harus di perhatikan adalah saat memasangnya kita harus benar-benar yakin bahwa kabel tersebut sudah terpasang dengan kuat agar tidak lepas. Kemudian memasang kabel ATA dari motherboard ke harddisk dan pwer supply. Kemudian pasang  pada processor seperti pada gambar, dan kabel AC pada power supply. Setelah kabel untuk didalam CPU sudah selesai agan or agin pindah ke pemasangan mouse dan keyboard. Caranya mudah koq, kita tinggal melihat pada cpu mana lubang untuk mouse yang biasanya ada diatas dan mana lubang untuk keyboard yang biasanya ada di bawah. Lihat contohnya pada gambar yang tertera. Bila  kegiatan terakhir tadi sudah selesai maka komputer anada sudah siap pakai.
Untuk penutup saya mohon kritik dan saran dari agan dan agin yang sudah membaca blog ini agar saya dapat memperbaiki kesalahan saya. Untuk para pembaca yang merasa kurang informasi dari blog ini bisa hubungi saya ke no ini: 085324527359 atas nama ROHIMAT. Untuk sebelum dan sesudahnya saya ucapkan hatur thank you....................!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar